Cara atasi eror an installation step failed. you can try to run the failing item again from the menu kali linux

Cara atasi eror an installation step failed. you can try to run the failing item again from the menu kali linux


Pasti kalian yang baru pertama kali install kali linux atau mungkin yang sudah familiar dengan sistem operasi ini saat melakukan instalasi grapic installation muncul eror seperti ini ( an installation step failed. you can try to run the failing item again from the menu kali linux ). Saya juga mengalami hal tersebut, makanya saya buat artikel ini buat berbagai informasi dan pengetahuan yang saya dapatkan.



Penyebab

Nah, kita bahas mulai dari penyebab nya dulu, an installation step failed. you can try to run the failing item again from the menu kali linux ini disebabkan karena ada beberapa file sistem yang akan diinstal mengalami korupt atau hilang, eror ini pasti muncul saat kalian akan melakukan pemilihan paket apa saja yang akan dipasang. 


Eror seperti ini biasanya disebabkan karena kalian membuat bootable kali linux menggunakan windows. Kenapa bisa begitu? Windows security akan mendeteksi saat kalian membuat media installer menggunakan Rufus/balena etcher akan memindai file yang diekstrak ke flashdisk/media eksternal buat media instalasi yang kamu buat tadi. Nah windows security karena memindai itu file berbahaya, dia akan menghapus dan saat selesai burn atau membuat media instalasi, akan membuat beberapa tools kali linux eror dan menyebabkan peringatan eror seperti diatas.


Oleh karena itu, jika kalian menggunakan windows saat membuat bootable kali linux, sebaiknya matikan windows securitynya. Nonaktifkan semua opsi windows security agar tidak menggangu Rufus atau software lainnya yang kalian gunakan untuk membuat media instalasi kali linux menggunakan windows.


Solusi

Jika muncul eror seperti itu dan kalian tidak ingin membuat bootable ulang, solusinya yaitu uncheck atau hapus centang pada software selection saat pemilihan paket instalasi seperti contoh gambar dibawah.

Software option kali linux installation


Hapus centang ( top 10 the most popular tools) dan ( default - recommended tools) kemudian continue untuk melanjutkan instalasi. Itu adalah penyebab eror nya karena beberapa tools dihapus oleh windows defender dan menyebabkan eror saat melakukan instalasi kali linux. Semoga artikel ini bermanfaat.



1 komentar